Senin, 20 April 2020

5 CARA AGAR IMUNITAS TUBUH KUAT

Tubuh manusia diciptakan secara sempurna dan otomatis. 

Tubuh akan bisa membunuh benda asing yang mematikan jika masuk ke dalam tubuh manusia. 

Kita hanya diminta untuk menjaganya dengan baik. 
Jika sudah rusak, akan amat sulit untuk memperbaikinya kembali seperti semula.

Dibawah ini caranya agar imunitas tubuh kuat :

1. Makanan buah-buahan dan sayuran 
Buah-buahan dan sayuran kaya akan vitamin yang diperlukan oleh tubuh sehingga dapat memberikan Anda keunggulan terhadap benda asing yang berbahaya.

Buah-buahan dan sayuran juga kaya akan Antioksidan yang akan membantu tubuh menghilangkan radikal bebas, yang dapat menyebabkan racun dan peradangan ketika mereka menumpuk di dalam tubuh Anda.

Buah-buahan dan sayuran juga kaya akan Serat. Hal ini akan memberi makan mikrobioma usus Anda, sehingga komunitas bakteri sehat di usus Anda bisa mencerna dengan baik.

Mikrobioma usus yang kuat dapat meningkatkan kekebalan Anda dan membantu membunuh benda asing berbahaya memasuki tubuh Anda melalui saluran pencernaan Anda. 


2. Makan lebih banyak lemak sehat
Lemak sehat, seperti yang ditemukan dalam kacang, minyak zaitun dan salmon, dapat meningkatkan respons kekebalan tubuh Anda terhadap benda asing berbahaya dengan mengurangi inflamasi (peradangan atau pembengkakan yang menyebabkan nyeri). 

Meskipun inflamasi tingkat rendah adalah respons normal terhadap stres atau cedera, inflamasi kronis dapat menekan sistem kekebalan tubuh Anda. 

Minyak zaitun, adalah bahan yang sangat anti-inflamasi, dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Plus, sifat anti-inflamasinya dapat membantu tubuh Anda melawan bakteri dan virus penyebab penyakit berbahaya. 

Asam lemak omega-3, seperti yang ada di salmon dan biji chia, juga membantu memerangi inflamasi.


3. Olahraga
Para ahli kesehatan mengatakan bahwa olahraga yang baik dan benar itu tidak harus dalam jangka waktu lama seperti 1 atau 2 jam

Olahraga yang  baik dan benar itu ialah dilakukan secara teratur setiap hari selama 15 sd 30 menit.

Dengan hanya melakukan hal tersebut diatas pun, tubuh anda pasti akan selalu sehat. 

Kecuali jika anda adalah seorang atlit olahraga, maka anda wajib untuk berlatih dengan jangka waktu yang lama agar kemampuan anda melebihi lawan anda. 


4. Tidur yang cukup
Tidur dan kekebalan tubuh memiliki keterikatan yang erat. 

Kualitas tidur yang tak memadai atau buruk dapat dikaitkan dengan kerentanan yang lebih tinggi terhadap datangnya penyakit.

Istirahat yang cukup dapat memperkuat kekebalan alami Anda. 

Coba lihat saat anda sakit, Anda akan lebih banyak tidur karena dengan tidur sistem kekebalan tubuh akan dapat bekerja optimal dalam melawan penyakit.

Orang dewasa membutuhkan minimal 7 jam atau lebih tidur setiap hari, sementara usia remaja 8-9 jam dan anak-anak yang berusia lebih muda dan bayi hingga 10 jam. 

Jika Anda sulit tidur, cobalah membatasi waktu melihat layar selama satu jam sebelum tidur, karena cahaya biru yang dipancarkan dari ponsel, televisi, dan komputer dapat mengganggu ritme siklus bangun-tidur alami tubuh Anda.

Kiat tidur lainnya termasuk tidur di ruangan yang benar-benar gelap atau menggunakan masker tidur, tidur pada waktu yang sama setiap malam.

5. Menjaga hati dan pikiran yang gembira dan positif
Selain dari makanan yang kita makan, kondisi kejiwaan juga mempengaruhi tubuh saat melawan benda asing.

Dengan menjaga hati agar selalu gembira dan mempunyai pikiran yang positif, maka tubuh mempunyai kesempatan untuk fokus melawan benda asing tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hi.. Silahkan tinggalkan pesan